cover
Contact Name
Roni Herdianto
Contact Email
roni.herdianto@um.ac.id
Phone
+6281555764640
Journal Mail Official
tekno.journal@um.ac.id
Editorial Address
Gedung G.4, Lantai 1 Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang Jln. Semarang No.5 Malang, Jawa Timur
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Tekno : Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan
ISSN : -     EISSN : 26864657     DOI : 10.17977
Core Subject : Engineering,
The Journal invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of electrical engineering, informatic engineering, and vocational education, and related topic are welcome
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 29, No 2 (2019)" : 9 Documents clear
Prediksi rating reksadana berbasis algoritma decision tree pada sistem informasi reksadana Kartika Candra Kirana; Cahya Bintang Wira Winata; Indri Astuti; Ivan reynaldi Putra
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 29, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (701.152 KB) | DOI: 10.17977/um034v29i2p140-151

Abstract

Informasi yang terdapat pada situs reksadana pada saat ini hanya menampilkan tetang variabel reksadana saja secara umum seperti nilai NAV, RAB, Resiko, YTD, dan lainya, sehingga para investor yang masih baru dalam reksadana akan kesulitan dalam menentukan pilihan reksadaana yang akan dibeli. Oleh karena itu pada penelitian ini diusulkan prediksi rating reksadana berbasis algoritma decision tree pada sistem informasi reksadana dengan tujuan untuk menampilkan sebuah variabel rating sebagai bahan pertimbangan dan meningkatkan keakuratan dalam memberikan rating pada penelitian prediksi rating reksadana.  Algoritma yang digunakan dalam pembuatan sistem informasi prediksi rating reksadana ini adalah menggunakan algoritma decision tree dengan menggunakan variabel NAV, HILO, Resiko, dan YTD. Pengujian akurasi, spesifikasi, dan sensitivity dilakukan menggunakan data yang sudah diunduh pada website reksadana IPOTFUND. Jumlah data yang digunakan yaitu 50 data, yang terdiri dari 25 data latih dan 25 data uji. Dari hasil pengujian yang dilakukan dengan metode decision tree maka menunjukkan tingkat akurasi, spesificity, dan sensitivity sebesar 80%, 93%, dan 67%. Maka dapat disimpulkan bahwa algoritma decision tree bekerja secara akurat untuk pemberian rating reksa dana.
Halaman Depan Jurnal Tekno - 29 (2) Ahmad Mursyidun Nidhom
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 29, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (116.774 KB) | DOI: 10.17977/um034v29i2p%p

Abstract

Sistem pendukung keputusan pemilihan driver berbasis metode certain factor Eris Dewi Septiawan Rizal; Slamet Wibawanto; Haidir Ahmad; Gigih Prasetyo Cahyono
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 29, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (413.143 KB) | DOI: 10.17977/um034v29i2p152-160

Abstract

Kecepatan pengiriman menjadi faktor penting kepuasan pengguna jasa pengantar barang. Untuk itu, peneliti mengusulkan rekomendasi driver yang komersial yang memiliki lintasan/jalur tercepat pada sistem informasi pengantaran barang. Kebutuhan akses yang realtime menuntut algoritma mencari jalur terbaik menggunakan metode yang sederhana dan cepat. Metode certain factor merupakan salah satu metode yang dapat bekerja secara cepat dengan mempertimbangkan seberapa besar tingkat kepastian jalur. Pada sistem tersebut, peneliti mengekstrak solusi yang dihasilkan dari google map. Selanjutnya, metode certain factor menghitung probabilitas melalui : (1) pengambilan nilai jarak, (2) klasifikasi kelas jarak, dan (3) perhitungan Nilai CF. Metode evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini berbasis recall dimana performa Certainty Factor (CF) akan diuji dan dibandingkan dengan data yang digunakan dari pemesanan Sitara dengan posisi jemput yang berbeda-beda berupa nilai lotitude dan langitude sebanyak 10 data. Hasil menunjukkan bahwa recall mencapai 100%. Hal ini mengindikasikan metode certain factor memiliki tingkat keberhasilan sistem yang tinggi dalam menemukan kembali sebuah informasi.
Pengembangan bahan ajar perakitan komputer bermuatan augmented reality untuk menumbuhkan keaktifan belajar siswa Binti Afifah; Triyanna Widiyaningtyas; Utomo Pujianto
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 29, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (783.635 KB) | DOI: 10.17977/um034v29i2p97-115

Abstract

Studi ini berfokus pada pengembangan bahan ajar perakitan komputer yang bermuatan AR. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SMK Negeri 1 Undanawu Blitar, diperoleh fakta bahwa beberapa siswa merasa kurang tertarik dengam model pembelajaran yang menggunakan buku cetak yang disediakan oleh sekolah. Selain itu, guru matapelajaran terkait juga menyatakan bahwa alat pembelajaran yang tersedia berjumlah terbatas. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Observasi dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data awal penelitian. Sampel subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Udanawu Blitar. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan kuisioner dan lembar observasi. Berdasarkan hasil uji coba lapangan, penelitian dan pengembangan ini menghasilkan sebuah produk berupa bahan ajar digital perakitan komputer bermuatan augmented reality (AR) yang dinyatakan sangat layak digunakan sebagai bahan ajar dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk menumbuhkan keaktifan belajar dengan skor persentase mencapai 86,3 %.
Pengembangan aplikasi web dengan gamifikasi sebagai media pendukung pembelajaran untuk mata pelajaran pemrograman dasar Rahadyan Fannani Arif; Harits Ar Rosyid
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 29, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (712.668 KB) | DOI: 10.17977/um034v29i2p161-176

Abstract

Siswa SMK dan MAK program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak dituntut memiliki kemampuan pemrograman web. Mata pelajaran ini sangat penting dikarenakan banyak digunakan diindustri saat ini. Dan pengembangan dari teknologi web sendiri sangat beragam. Sehingga Mata Pelajaran ini penting untuk dipahami oleh siswa SMK jurusan RPL. Sedangkan penunjang untuk pembelajaran web di SMK masih kurang, dikarenakan siswa masih menggunakan cara konvensional. Permasalahannya adalah siswa banyak yang kurang memahami saat mengikuti instruksi yang ada di modul. Penelitian ini bertujuan mengembangkan Web Application sebagai penunjang pembelajaran dengan unsur gamifikasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan media model ADDIE dan model Prototyping. Hasil uji validasi yang dilakukan oleh para ahli, media yang dikembangkan dinyatakan valid, dengan persentase sebesar 95,24% oleh ahli materi dan 94,17% oleh ahli media. Berdasarkan uji coba kelayakan yang telah dilaksanakan di SMKN 4 Malang, diperoleh persentase sebesar 87,63% untuk uji coba kelompok kecil, dan 91,93% untuk uji coba kelompok besar. Dari rangkaian uji validasi dan uji coba tersebut, dapat dinyatakan bahwa secara keseluruhan, media yang dikembangkan telah valid dan layak digunakan sebagai penunjang proses pembelajaran mata pelajaran Pemrograman Dasar.
Pengembangan buku ajar sensor tranduser berbasis problem solving untuk mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang Mokhammad Nasrulloh; Siti Sendari; I Made Wirawan
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 29, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (513.675 KB) | DOI: 10.17977/um034v29i2p116-128

Abstract

Proses pembelajaran yang dilakukan pada matakuliah Sensor dan Tranduser mengalami kendala dalam materi yang akan diajarakan dimana referensi sumber belajar masih kurang. Adanya bahan ajar yang kurang memadai mengakibatkan mahasiswa mengalami kesulitan dalam menangkap materi yang diajarkan. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mengembangkan buku ajar dimana digunakan sebagai rujukan dalam proses pembelajaran maupun sebagai sumber belajar mahasiswa secara mandiri. Penelitian ini menggunakan model Borg dan Gall yang telah disesuaikan. Tahapannya yaitu (research and information collecting, planning, develop preliminary from of product, preliminary test, main product revition, main field testing, and operational product revition). Kelayakan pengembangan buku ajar dapat dilihat dari hasil validasi dan uji coba dengan mengunakan penyebaran angket. Hasil penyebaran angket yang telah dilakukan pada buku ajar dinyatakan valid, sehingga layak digunakan sebagai sumber rujukan pembelajaran Manajemen Energi. Hal ini didukung melalui hasil persentase validasi oleh ketiga validator dengan rata-rata hasil validator sebesar 89,78%, hasil validasi uji coba kelompok kecil sebesar 88,29%, dan hasil validasi uji coba kelompok besar yaitu 90,56%. Dari persentase tersebut dapat dikatakan bahwa produk buku ajar bisa digunakan atau layak jika digunakan sebagai reverensi belajar atau sebagai bahan ajar Sensor dan Tranduser.
Analisis sistem proteksi di PT. PLN (Persero) sektor pembangkitan kendari unit PLTD Wua Wua Aghnia Nur An Nisa; Marwan Marwan; Ahmad Rosyid Idris
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 29, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (414.673 KB) | DOI: 10.17977/um034v29i2p177-189

Abstract

Masalah penentuan nilai setting proteksi dan koordinasi antar rele proteksi sangat berkaitan dengan keandalan suatu sistem. Jika nilai setting proteksi dan koordinasi antar rele proteksi belum jelas/belum diketahui dengan pasti, suatu sistem belum bias dikatakan sebagai sistem yang andal. Sehubungan dengan keandalan sistem tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menetukan nilai setting proteksi dan koordinasi antar rele proteksi sehingga apabila terjadi kondisi gangguan, hanya bagian yang terganggu saja yang dilepas dari sistem oleh rele proteksi dan gangguan yang terjadi tidak terjadi meluas. Dalam penelitian ini, rele yang akan dibahas ada 3 buah. Data yang dipergunakan adalah ketika terjadi kondisi gangguan yang meluas dan menyebabkan sistem mengalami padam sebagian. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari kantor PLN Sektor Pembangkitan Kendari dan unit terkait. Data-data tersebut diperoleh dari history peralatan, sedangkan analisis data dilakukan dengan perhitungan sesuai dengan standar yang digunakan PLN yang dibantu simulator ETAP 12.6.0. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa memang terjadi kesalahan setting proteksi sehingga kondisi gangguan meluas dan menyebabkan padam sebagian pada sistem. Hasil perhitungan nilai setting pada rele Outgoing Trafo adalah 36 A, tms 0,239 SI, Arus momen 1356,97 A, td 0,3 (s) DT pada OCR, 138,54 A, tms 0,09282 SI pada GFR, 290,4 A, tms 0,0902 SI pada OCR, 115,47 A, tms 0,08416 SI pada GFR Outgoing Containerized serta 290,4 A tms 0,0722 SI pada OCR, 92,376 A, tms 0,0742 SI pada OCR Incoming Containerized. 
Pengembangan aplikasi chat bot guna membantu perusahaan dalam mengedukasi pelanggan dengan sistem natural language processing Firman Syahputra, Yohanes Dhimas; Patmanthara, Syaad; Herwanto, Heru Wahyu
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 29, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (34.553 KB) | DOI: 10.17977/um034v29i2p129-139

Abstract

Hasil pengembangan aplikasi kecerdasan buatan berupa chat bot guna membantu perusahaan dalam melakukan edukasi customer dengan sistem natural language processing (NLP) diperoleh melalui metode pengembangan sistem. Dimana chat bot guna membantu perusahaan dalam melakukan edukasi customer dengan sistem NLP ini dikembangkan untuk komputer dapat melakukan tugas tertentu seperti yang dilakukan oleh manusia seperti robot chatting (chatbot), yaitu sistem yang mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer, agar komputer dapat melakukan percakapan dengan pengguna. Kepintaran chatbot dalam menjawab pertanyaan ditentukan oleh banyaknya data set sehingga perbanyak data jawaban agar lebih banyak memahami pertanyaan dari pelanggan. Berdasarkan hasil uji coba pengembangan Chatbot yang telah dilakuan skor yang diproleh adalah 88,94%. Berdasarkan tabel kategori kelayakan, maka chat bot yang dikembangkan dalam penelitian dapat dinyatakan “sangat layak” untuk digunakan dalam pengembangannya.
Penerapan heutagogi gamifikasi terhadap evaluasi pembelajaran geografi di sekolah menengah pertama Ahmad Mursyidun Nidhom; Setiadi Cahyono Putro
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 29, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (319.476 KB) | DOI: 10.17977/um034v29i2p190-197

Abstract

Evaluasi pembelajaran dalam bentuk tes sering menimbulkan kecemasan pada diri siswa sehingga mempengaruhi hasil belajar terutama pada pelajaran yang membutuhkan konsentrasi dan daya ingat seperti pelajaran Geografi. Untuk menciptakan suasana evaluasi belajar yang santai dan tidak membuat siswa merasa cemas, dapat dilakukan dengan memanfaatkan game edukasi sebagai alat evaluasi pembelajaran. Game didesain dan dibangun seatraktif mungkin untuk  siswa kelas IX SMP dengan aplikasi Java 3D dengan. Game edukasi yang user-friendly, mudah diaplikasikan dan atraktif membuat siswa tidak sadar bahwa sebenarnya ia sedang dievaluasi. Pemanfaatan game edukasi sebagai alternatif media evaluasi pembelajaran mampu mengurangi kecemasan siswa dan membuat hasil evaluasi belajar  lebih mendekati kemampuan siswa yang sebenarnya. Dari Hasil Uji Coba Fleksibilitas dan user friendly dengan mekanisme black box mendapatkan nilai 87,3%, hal ini menandakan konsep gamifikasi berjalan secara maksimal.

Page 1 of 1 | Total Record : 9